MALAIKAT JATUH DAN CERITA-CERITA LAINNYA

Jangan pernah menilai buku berdasarkan sampul luarnya. Itulah yang pantas di tujukan bagi buku Clara Ng yang satu ini. Meski tampilan depannya terkesan halus dan lembut, jangan harap atau menyangka kisah yang disajikan di dalamnya juga demikan. Sepuluh cerita pendek tentang perempuan dihadirkan dalam balutan cerita kelam.

MALAIKAT JATUH

Dalam balutan dongeng fantasi, cerpen ini berkisah bahwa keabadian bukanlah berkah melainkan kutukan. Tersebutlah seorang ibu yang rela melakukan apa saja demi putri kecilnya yang hampir menemui ajal untuk bisa tetap hidup bersama. Si ibu sendiri adalah seseorang yang berumur sangat panjang – bahkan mendekati abadi, dan telah melihat banyak kematian dari orang-orang terdekat yang sangat dikasihinya. Kali ini ia tak ingin kepedihan tersebut terulang, ia berjuang, menghalalkan berbagai cara termasuk meminumkan darah dari seorang manusia bersayap yang cacat dan terlunta. Tak peduli konsekuensi dari hal tersebut adalah putrinya berubah dari seorang gadis kecil yang manis menjadi anak haus darah. Konflik demi konflik dimulai. Si ibu terjebak dalam pilihan yang sama-sama pahit. Tetap bersama putrinya yang kini menjadi monster dalam tubuh anak kecil atau membinasakan anak tersebut, dan untuk kesekian kalinya ia harus merana karena kehilangan orang yang dicintai.

NEGERI DEBU

Dalam cerita ini Clara menghadirkan cerita tentang Lucinda, anak dari kalangan bawah, putri seorang pelacur, yang mengharapkan kasih sayang dari ibunya. Ia menderita penyakit sinusitis, namun si ibu yang hanya penjaja badan kelas bawah tak mampu membawanya berobat, ia juga seperti tak acuh tak acuh pada anaknya. Meski begitu Lucinda tetap menyayangi si ibu. Ironisnya, di tempat kumuh tersebut Lucinda justru berkawan dengan makhluk-makhluk yang selama ini menjadi musuh utama penyakitnya, yaitu debu-debu yang banyak mengendap di kolong tempat tidur. Ia bahkan sering berkunjung ke negeri debu dimana Lucinda tak sakit-sakitan, bahkan bertemu sosok ibu yang diidam-idamkannya, tentu saja dalam bentuk debu. Disana banyak suka cita dan keceriaan yang tak didapatnya di dunia nyata. Namun bagaimana pun Lucinda harus tetap kembali sebab ia menyanyangi ibunya. Sampai suatu hari sesuatu yang mengerikan terjadi.

MAKAM

Neni, seorang anak cacat yang tumbuh dan besar di sebuah rumah penampungan hewan. Setiap hari ia bergumul dengan kematian hewan-hewan, entah mereka yang terbuang atau sengaja di buang, dengan kondisi akhir memprihatinkan. Dengan penuh kasih sayang ia memperlakukan bangkai-bangkai tersebut layaknya hewan kesayangan dan menguburkannya di dekat makam dari sesuatu yang ia kenal sebagai ibu. Nasibnya sendiri hampir sama dengan semua hewan di sana, ia dibuang orang tuanya sesaat setelah dilahirkan. Ia mungkin saja tak akan bertahan lama di dunia jika tidak ditolong oleh sesosok makhluk yang kelak dikenal dan dikasihinya sebagai ibu. Meski sepintas cerita ini terkesan menyimpang, namun Clara mampu menghadirkan ikatan kasih sayang diantara keduanya sehingga tidak terasa sebagai sesuatu yang tak wajar.

DI ULUWATU

Cerita ini satu-satunya dimana tokoh utamanya adalah seorang pria. Dikisahkan, Sergio, tokoh sentral dalam kisah ini, tengah menikmati bulan madu bersama istrinya di Uluwatu, Bali. Tak seperti kebanyakan cerita yang mengambil seting tempat di sekitar daerah Pantai Selatan Jawa untuk hal-hal berbau mistis, Clara justru mengetengahkan Pulau Dewata. Di tepi pantai, Sergio merasakan sebuah getaran yang aneh dan tak wajar, seperti sebuah kenangan yang pelan-pelan muncul, sebuah silsilah keluarga yang lama terlupa kemudian menyeruak begitu saja. Ibu Sergio sering menceritakan bahwa putranya, adalah anak dari dua dunia. Kakek buyutnya yang seorang pelaut ulung membawanya lari dari sebuah dunia gelap yang abadi menuju dunia terang yang fana dan sementara. Kerinduannya pada dunia tempat leluhurnya menggoda Sergio untuk menuju kembali ke tempat asalnya tanpa mempedulikan apapun termasuk sang istri.

LELABA

Nuansa horror dan feminis begitu sangat terasa di cerpen ini. Dengan narasi dari sudut pandang si anak, cerita ini bertutur tentang dongeng-dongeng kebuasan para pria srigala yang memangsa apa pun saat purnama tiba, termasuk bayi-bayi laba-laba. Ibu laba-laba yang tak terima menjerat bulan dengan jaringnya yang halus dan kuat, menggoda, mengintai, dan menjerat manusia srigala yang terperangkap dalam jebakannya untuk kemudian  ia mangsa. Juga diceritakan tentang mitos-mitos seram saat seorang anak perempuan mengalami menstruasi pertama serta kehidupan dari tokoh ibu yang tak menikah, sering bergonta-ganti pasangan untuk kemudian para lelaki itu menghilang entah kemana. Tepat di ulang tahun ke-dua belas yang juga bertepatan dengan kedatangan menstruasi pertamanya, si anak mendapat hadiah istimewa dari sang ibu yang menyadarkan anak tersebut akan identitas mereka sebenarnya.

HUTAN SEHABIS HUJAN

Satu hal baru tentang dunia peri dan hubungan mereka dengan manusia yang melihatnya. Bagaimana kemudian hubungan tersebut terjalin dengan segala pantangan dan larangan antara keduanya berakhir dengan sebuah konklusi yang tak tertebak.

AKHIR

Muatan politik pada masa orde baru tergambar jelas dalam cerpen ini. Kehidupan sebuah keluarga kembali berjalan seperti semula setelah mereka mengalami serangkaian kejadian berdarah. Cerita ini mengingatkan pada film The Others yang dibintangi oleh Nicole Kidman.

BARBIE

Sebuah dongeng berlatar toko mainan yang sama sekali berbeda dengan yang biasa kita temui dan baca. Tak ada kisah manis dan menyengankan dari tokoh-tokohnya. Saat malam terjelang dan pegawai serta pengunjung telah pulang. Mainan yang ada di toko tersebut hidup menjalani kehidupan kelam dan melakukan perbuatan-perbuatan dosa. Babi dan Barbie, dua tokoh utama dalam cerita ini, meski mempunyai kemiripan nama, namun kehidupan dan keberadaan mereka sangat jauh berbeda. Barbie yang cantik dan selalu jadi pusat perhatian pada suatu malam menemui Babi yang jelek dan terlupakan, memberi harapan indah dan janji-janji manis. Perbuatan dosa dilakukan. Babi jatuh hati pada Barbie. Namun yang terjadi kemudian adalah pengkhianatan, penghinaan, dan pelecehan yang berakhir pada sebuah kasus pembunuhan yang menggegerkan.

BENGKEL LAS BU IJAH

Muatan cerita ini adalah tentang hati nurani yang makin lama semakin terkikis oleh ketamakan dari orang-orang yang tak menyukai perbedaan.

ISTRI PALING SEMPURNA

Berkisah tentang kehidupan rumah tangga sepasang suami istri yang tak juga dikarunai anak. Beberapa kali si istri mengandung, namun jabang bayi selalu meninggal sebelum sempat di lahirkan sampai satu saat si istri kembali mengandung dan melahirkan sepasang bayi kembar. Di kemudian hari si istri selalu sibuk dengan kehidupannya dan bayi-bayinya sampai tujuh belas tahun berlalu, barulah diketahui tentang kebenaran dan keberadaan anak-anak mereka yang sempat dilahirkan itu.

**Beberapa cerpen dalam buku ini pernah dimuat di beberapa media cetak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s