Rini Sugianto

Nama Rini Triyani Sugianto barangkali masih asing di telinga sebagian orang, namun jika disebutkan salah satu karya yang melibatkan nama tersebut, saya yakin sebagian orang sudah pernah menikmati atau paling tidak sekedar tahu, yakni film animasi The Adventures of Tintin “TheSecret of The Unicorn”, buatan sutradara ternama Steven Spielberg.

Yup, Rini Sugianto adalah salah seorang orang belakang layar yang berjasa menghadirkan tayangan sinematik spektakuler dalam film tersebut. Tak tanggung-tanggung dia menangani sekitar ± 70 shot, sebuah porsi besar dalam produksi film.

Menjadi seorang animator tidak pernah terpikirkan olehnya, sebab semasa SMA, Rini lebih fokus di bidang olah raga, namun ternyata jurusan arsitektur yang dia pilih waktu berkuliah Universitas Parahyangan mengantarkannya ke dunia animasi.

Perjalanan karier Rini untuk menjadi seperti sekarang tentu tak mudah dan tidak pula sebentar. Ditambah, di era digital yang memudahkan orang untuk mempelajari segala sesuatu, berkompetisi dibidang ini dan untuk bekerja di tempatnya sekarang tentulah orang tersebut harus mempunyai kualifikasi tinggi.

Selepas kuliah di Universitas Parahyangan, Rini melanjutkan pendidikan S2-nya  di Academy of Art University, San Francisco, MFA Animation (2002-2005). Rini kemudian bekerja di Stormfront Studio(2005-2006), Offset (2006-2007), Blur Studio (2007-2010), dan kini dia bekerja di WETA Digital, New Zealand, sebuah perusahaan yang mengerjakan visual effects dan animasi untuk film dan iklan, (salah duanya adalah film trilogi The Lord of The Ring dan Avatar), Rini sendiri menempati posisi di Animation Departement.

Di sinilah Rini dan kolega mencipta keajabain untuk film The Adventures of Tintin. Tentu proyek ini mempunyai tantangan tersendiri sebab karakter Tintin sudah lebih dulu mendunia lewat komik dan cerita kartunnya sehingga tak bisa sembarangan mengubah karakter dan jalan cerita dari pakem asal.

Penggarapan film “The Adventures of Tintin” ini juga memakan waktu yang tidak sebentar. “Animasinya sendiri, full production-nya mungkin sekitar setahun setengah. Tapi proyeknya sendiri sudah mulai sekitar empat tahun lalu. Tapi, untuk beberapa tahun pertama, mereka hanya mengerjakan ceritanya. Fokusnya adalah untuk mengerjakan storyboard sampai solid,” kata Rini dalam kutipan wawancaranya.

Selepas The Adventures of Tintin, Rini kini tergabung dalam tim untuk mengerjakan animasi film keluaran Hollywood berikutnya, The Avengers.

poster issue The Avengers

(CS/berbagai sumber)

——————————————-

Wawancara dengan Rini Sugianto diantaranya bisa di baca disini juga disini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s