High Interpretation

Membawakan ulang lagu yang sudah begitu melekat dengan penyanyi sebelumnya tentu merupakan sebuah resiko, baik dimasukan ke dalam album atau sebagai pendukung cerita dalam film. Alih-alih memberi sesuatu yang segar, yang ada malah dibanding-bandingkan lalu jatuh karena tak bisa menyamai atau mengungguli.

Di perayaan Oscar ke 85, februari lalu, Anne Hathaway meraih penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik atas perannya di film Les Misérables dimana Hathaway menyanyikan lagu I Dreamed a Dream. Tentu Hahtaway bukan aktris pertama yang memberikan interpretasi memukau terhadap sebuah lagu yang dinyanyikannya, masih ada beberapa yang lain, ini dia, cekidot:

Anne Hathaway

High Interpretation - 1 Anne Hathaway

Diulang: Di perayaan Oscar ke 85, februari lalu, aktris Anne Hathaway meraih penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik atas perannya sebagai Fantine di film Les Misérables, dimana Hathaway menyanyikan lagu I Dreamed a Dream. Lagu ini memang merupakan bagian dari drama musikal panggung dari kisah Les Misérables yang diadaptasi dari novel terkenal karya Victor Hugo, namun hanya dikenal dari panggung ke panggung saja. Baru setelah juara 2 Britain Got Talent, Susan Boyle, membawakannya dengan penghayatan luar biasa lagu ini segera terkenal ke seluruh dunia, bahkan banyak orang yang menyangka ini adalah lagu asli dari Susan Boyle sehingga setiap kali ada yang membawakannya sering dikomparasikan dengan Boyle. Tahun 2012, Anne Hathaway membawakan ulang lagu ini dengan interpertasi yang tak kalah luar biasa dan lepas dari bayang-bayang Boyle, emosi yang dalam disertai isakan sedih membuat lagu ini mendapat apresiasi positiv dari para kritikus musik dan cukup sukses secara komersil.

Whitney Houston

High Interpretation - 2 Whitney Houston

Menyebut lagu I Will Always Love You tentu tak lepas dari nama Whitney Houston. Lagu yang masuk ke dalam salah satu hits sepanjang masa ini dibawakan begitu memukau oleh Whitney dalam nuansa pop gospel dan menghantarkannya kedalam jajaran daftar diva dunia. Namun sebenarnya ini bukanlah lagu asli dari Whitney, melainkan daur ulang dari penyanyi Dolly Parton yang rilis pada tahun 1974 dari album Jolene, versi asli dari lagu ini bernuansa Country dan dikenal dikalangan pecinta genre tersebut. Namun selepas Whitney membawakannya, lagu ini (mengutip quote Sahrini) langsung membahana secetar badai terpampang nyata dimana-mana seantero jagat raya heheheheh….

Jennifer Hudson

High Interpretation - 3 Jeniffer Hudson

Sebenarnya seluruh pengisi film Dreamgirls mempunyai interpretasi yang baik dalam membawakan lagu dari drama panggung berjudul sama ini, Namun Jennifer Hudson lah yang paling menonjol diantara semua, dan dari lagu-lagu yang dibawakannya, And Im Telling You I’m Not Going lah yang (lagi-lagi) paling menonjol. Lagu ini, dalam versi panggungnya, dibawakan oleh Jennifer Holliday di tahun 1982, dan melekatkan namanya dengan lagu ini. Sama seperti Hathaway, penghayatan emosi dan vokal Hudson yang lebar membuatnya lepas dari bayang-bayang Holliday. Jennifer Hudson meraih Oscar di film ini untuk perannya sebagai Effie kategoti aktris pendukung terbaik tahun 2006.

Marion Cotillard

High Interpretation - 4 Marion Cotillard

Kisah hidup penyanyi legendaris Prancis yang mendunia, Edith Piaf, diangkat ke layar lebar pada tahun 2007 Dengan judul La Vie En Rose atau La Mome,  pemeran utamanya  aktris Marion Cotillard yang merombak total penampilannya menjadi sekurus dan sepucat Piaf. Dalam film ini Cottilard menyanyikan lagu-lagu hits Piaf dengan interpretasi yang luar biasa, hingga beberapa pihak sempat bingung dan mempertanyakan benarkah Cotillard menyanyikan ulang lagu ini, karena kemiripan warna suara yang dimiliknya. Non Je Ne Regrett Rien menjadi lagu penutup film ini, dimana Piaf tua, yang diperankan Marion Cotillard, menyanyi dihadapan banyak penonton yang berlinang air mata saat menyaksikan penampilannya. Untuk perannya ini, Cotillard meraih Oscar sebagai aktris utama terbaik.

Catherine Zeta-Jones

High Interpretation - 5 Catherine Zeta-Jones

Sama seperti Dreamgirls, pemeran versi film drama musikal Broadway Chicago, membawakan lagu-lagunya dengan interpretasi luar biasa hingga hampir semua masuk menjadi nominator Oscar di tahun 2003 (Renne Zelweger, Catherine Zeta-Jones, Queen Latifah, dan John C Rilley), sementara Richard Gere entah kenapa tidak lolos. Namun lagi-lagi saya harus memilih satu, dan pilihan itu jatuh Pada Zeta-Jones yang menginterpretasikan lagu ini dengan luar biasa, baik secara vokal dan tampilan dimana dalam film tersebut dia banyak melakukan gerakan tarian akrobatik. Senasib dengan Hathaway dan Hudson, Zeta-Jones juga meraih Oscar kategori aktris pendukung terbaik di Academy Awards tahun 2003.

Beyoncé Knowles 

High Interpretation - 6 Beyonce Knowles

Etta James adalah penyanyi beraliran blues, rock and roll, R&B, soul, dan gospel yang mempunyai karakter kuat hingga mempengaruhi para musisi dunia semacam Diana Ross, Christina Aquilera, Janis Joplin, The Rolling Stone, Rod Stewart hingga Amy Winehouse, Joss Stone, Paramore, dan Adele. Setiap lagu yang dibawakan olehnya pastilah menempel dengan namanya. Tahun 2006, kisah hidupnya diangkat ke layar lebar dengan judul Cadillac Records, dan penyanyi  Beyonc é Knowles sebagai pemeran Etta James. Di film ini Knowles membawakan hits James seperti At Last, I’d Rather Go Blind, All I Could Do Was Cry dan Trust in Me. Di film ini pula Knowles mampu memberi interpretasi yang keren dan lepas dari citranya sebagai penyanyi modern saat membawakan keempat lagu tersebut dalam nuansa blues yang kental. Lagu At Last pun kembali hits, bahkan dibawakan saat pelantikan presiden Barrack Obama untuk pentas first dance bersama istrinya, Michelle. Namun secara pribadi saya lebih suka tiga lain ketimbang At Last.

Penélope Cruz

High Interpretation - 7 Penelope Cruz

Nine adalah salah satu drama panggung Broadway yang juga diangkat ke layar lebar. Walau bertabur pemain peraih Oscar semacam Daniel Day-Lewis, Marion Cotillard, Penélope Cruz, Nicole Kidman, Judi Dench, dan Sophia Lorenz (bayangkan, berapa juta dolar harus digelontorkan hanya untuk honor mereka saja) plus biaya produksi yang luar biasa besar, film ini secara umum bisa dibilang tidak sukses dipasaran dan di festival, namun interpretasi dari beberapa pemainnya patut di apresiasi.  Di film ini Cruz berperan sebagai Carla, wanita simpana Guido Contini dan membawakan nomor A Call From The Vatican dengan interpretasi keren. Aksen Italia ditambah gaya bernyanyi yang liar, genit, dan gelisah (alias geli-geli mendesah) sukes dibawakan Cruz secara audio, tapi untuk versi visual ia masih tampak terlalu sopan. Well walau begitu ia masuk sebagai nomintor aktris pendukung terbaik untuk aktingnya di film ini.

Lea Michele

High Interpretation - 8 Lea Michele

Aktris yang satu ini memang belum membintangi layar lebar yang populer, namun kemampuan akting dan bernyanyi di serial Glee mendapat sambutan yang baik. Dalam salah satu episode “Sectional” di musim pertama Michele membawakan lagu Don’t Rain On My Parade dengan luar biasa dan menjadi salah satu penampilan terbaiknya selama di serial tersebut. Lagu Don’t Rain On My Parade awalnya di bawakan oleh aktris sekaligus penyanyi Barbara Streisand di drama panggung dan film Funny Girl yang keduanya diperankan oleh Straisand sendiri. Lagu ini menjadi hits pada jamannya dan sempat dibawakan ulang oleh beberapa penyanyi, namun interpretasi keren dari Michele membuat lagu ini kembali hits di tahun 2000-an.

Madonna

High Interpretation - 9 Madonna

Lagu Don’t Cry For Me Argentina terkenal ke seluruh dunia setelah dibawakan Madonna dalam film Evita yang menceritakan kisah dramatis ibu negera Argentina, Evita Peron. Versi film ini mengadaptasi dari drama panggung Broadway berjudul sama. Lagu ini pertama kali dibawakan oleh Julie Covington tahun 1976 dalam drama panggung. Walau Madonna membawakannya terkesan sederhana, namun kemampuan interpretasinya terhadap lagu ini sehingga terkesan rapuh sekaligus optimis patut diacungi jempol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s