Best Desperate Act

wpid-Best-Desperate-Act-Tim-Robbins-Marcia-Gay-Harden.jpg

Seperti disebut dalam posting sebelumnya, saya bukan seorang moviegoers sejati, jadi untuk mengumpulkan karakter putus asa, tertekan, atau sedih yang terlampau untuk postingan sekarang saja saya harus bersusah payah mengingat kembali siapa di film apa yang memuat konflik pribadi semacam ini. Setelah mengingat-ngingat, ubek-ubek koleksi, mengunduh ulang (karena sebagian besar adalah film lama), kemudian menonton dan memperbandingan beberapa kandidat satu sama lain, akhirnya terpilihlah dua belas judul film yang menurut saya para pemainnya memainkan peran ini dengan sangat cemerlang, tanpa berdasarkan urutan abjad atau tingkat kebagusan mereka dalam berakting, random saja hehehehehe….

1. Tim Robbins dan Marcia Gay Harden dalam film Mystiq River
Sebagai suami istri yang mengalami masalah kala sang suami pulang berlumur darah yang berbarengan dengan hilangnya anak salah seorang sahabat mereka, menimbulkan prasangka dengan pergumulan batin masing-masing karakter membuat kening penonton turut berkerut sepanjang film kala menyaksikannya. Film garapan Clint Eastwood ini juga dibintangi oleh Kevin Bacon dan Laurence Fishburne.

2. Naomi Watts, Benicio Del Toro, dan Sean Pean dalam 21 Grams

wpid-Best-Desperate-Act-Sean-Penn-Benicio-Del-Toro-Naomi-Watts.jpg
Ho..ho..ho… ini adalah salah satu film favorit saya, mengisahkan tiga karakter, masing-masing: istri yang ditinggal wafat suami dan dua putri yang mengalami kecelakaan lalulintas, penabrak yang merasa bersalah hingga perlahan-lahan meninggalkan keyakinan dan Tuhan-nya, dan penerima donor jantung dari suami yang wafat yang berniat membalas budi, namun malah ikut terlibat dalam pusaran emosi. Ini adalah film kedua dari Alejandro Gonjalez Innarittu setelah Amores Peros.

3. Natalie Portman dalam Black Swan

wpid-Best-Desperate-Act-Natalie-Portman.jpg

Salah satu film paling dibicarakan ditahun 2010 silam ini mengisahkan tentang Nina, seorang ballerina, yang mendapat kesempatan untuk menjadi pemeran utama dalam pementasan Swan Lake yang mengharuskannya berperan ganda sebagai White Swan yang sangat dirinya dan Black Swan yang selalu menjadi bayangannya, dan jauh dari karakter Nina sehari-hari.

4. Kate Winslet dalam The Reader
wpid-Best-Desperate-Act-Kate-Winslet.jpg

Sebagai perempuan pemeriksa tiket kereta api, Kate Winslet terlibat hubungan asmara dengan anak lelaki yang usianya jauh lebih muda. Rasa malu karena buta huruf membuatnya justru terseret dalam kasus hukum yang melibatkan aksi Nazi didalamnya.

5. Heath Ledger dan Michelle Williams dalam Brokeback Mountain
wpid-Best-Desperate-Act-Heath-Ledger-Michelle-Williams.jpg

Salah satu kandidat kuat menjadi film terbaik, namun kalah oleh Crush, Brokeback Mountain, mengisahkan kehidupan dua koboy yang terlibat asmara sesama jenis. Kondisi budaya dan lingkungan yang tidak memungkinkan membuat kehidupan mereka begitu tertekan karena harus berada dalam kepura-puraan. Meski difilm ini Jake Gylenhall bermain sangat baik, tapi menurut saya, akting Heath Ledger dan Michelle Williams lah yang lebih menonjol.

6. Colin Firth dalam A Single Man
wpid-Best-Desperate-Act-Colin-Firth.jpg

Sebagai pria dewasa yang ditinggal mati oleh kekasihnya, Colin Firth menjalani hidup sehari-harinya dengan hampa, putus asa dan nyaris bunuh diri. 24 jam menjelang keputusan untuk mengakhiri hidup, ia bertemu orang-orang yang sedikit banyak memberinya pandangan baru terhadap hidup yang dijalani. Film arahan legenda fashion, Tom Ford, ini turut dibintangi oleh aktris cantik Jullianne Moore. Colin Firth yang dinominasikan untuk kategori Aktor Utama Terbaik justru mendapatkan Oskar ditahun berikutnya dalam film The King Speech.

7. Kevin Spacey dalam American Beauty
wpid-Best-Desperate-Act-Kevin-Spacey.jpg

Sebagai suami yang menghadapi tekanan ekonomi, bosan dengan kehidupan rumah tangga, dan mengalami puber kedua dengan fantasi sex teman putrinya sendiri, Kevin Spacey memerankan karakter ini dengan begitu hebat.

8. Anne Hathaway dalam Les Miserables
wpid-Best-Desperate-Act-Anne-Hathaway.jpg

Bekerja sebagai buruh yang lantas terusir, kemudian jadi pelacur hingga tubuhnya hancur, Anne Hathaway menghadirkan transformasi dari orang susah menjadi orang saaaaangat susah dalam jatah peran yang cukup singkat dengan menawan.

9. Christian Bale dalam The Machinist
wpid-Best-Desperate-Act-Christian-Bale.jpg

Aktor yang gemar melakukan perombakan ekstrim penampilan demi peran yang dijalaninya ini berperan sebagai pekerja pabrik yang mengalami insomnia akut yang tak bisa membedakan lagi mana realita dan mana mimpi. Christian Bale bermain dengan sangat bagus di film ini, meski tak begitu laku dipasaran.

10. Halle Berry dalam Monster’s Ball
wpid-Best-Desperate-Act-Halle-Berry.jpg

Berperan sebagai istri kulit hitam dimana suaminya menghadapi hukuman mati, dan ia sendiri begitu putus asa dengan kehidupan serta adanyakebutuhan untuk melampiaskan segala beban dimainkan dengan hebat oleh Halle Berry. Setelah mendapat Oscar kategori Aktris Utama Terbaik di film ini, Halle Berry terjun bebas ditahun berikutnya dengan mendapat Razzie Award untuk perannya di film Cat Woman.

11. Rinko Kikuchi dalam BABEL
wpid-Best-Desperate-Act-Rinko-Kikuchi.jpg

Menjadi anak remaja yang beranjak puber dan mulai matang secara seksual, namun punya keterbatasan sebagai penyandang bisu tuli, Rinko Kikuchi memerankan karakter ini dengan sangat menawan. Film, lagi-lagi, arahan Alejandro Gonjalez Innarittu ini dibintangi oleh Brad Pitt, Cate Blanchet, Gael Garcia Bernal dan Adrianna Baraza.

12. Haley Joel Oswalt dalam The Sixth Sense
wpid-Best-Desperate-Act-Haley-Joel-Osmelt.jpg

Berperan sebagai bocah yang memiliki indra keenam yang mampu melihat makhluk tak kasat mata, dijauhi teman-teman karena aneh dan selalu ketakutan setiap saat mengangkat nama Haley Joel Oswalt masuk dalam jajaran anak ajaib Hollywood. Sayang perkembangan kariernya tak secemerlang akting Oswalt di film ini.

Iklan

6 pemikiran pada “Best Desperate Act

  1. Udah nongton semua.
    1. Mystiq River luar biasa, memang layak menang oscar.
    2. 21 Grams, saya lebih menyoroti naskahnya yang brilian. Alurnya gila, keren banget.
    3. Black Swan, saya kasih skor 5/5 atas penampilan Natalie dan twist nya yg bikin shock.
    4. The Reader, obsesi sex daun muda dibalut seni. 😀
    5. Brokeback Mountain, scene meluk bajunya. Duh! trenyuh
    6. A Single Man, ini baru desperate. Kehilangan pasangan adalah kehilangan separuh jiwa sampai akhirnya…
    7. American Beauty, ada yang tahu ga pistol siapa yang meletus di ending?
    8. Les Miserables, tak menyangka dengan cara ini Anne menang oscar.
    9. The Machinist, yang luar biasa dari Bale setelahnya dia main Batman yang keker. Edan.
    10. Monster’s Ball, si Ledge juga main bagus sayang porsinya dirampas Halle dan kena kutuk pada Catwoman.
    11. BABEL, in Innarittu we trust!
    12. The Sixth Sense, endingnya bikin misuh. Pengen tak banting itu cincinnya. Haha..

    Tambahan:
    Blue Valentine, Pursuit of Happiness, Fight Club, Iron Man 3, Insomnia….

    1. Waw mantabh banget pengamatannya bro, hehehe.. ternyata ada yang satu selera juga… Btw, di american beauty itu saya nyangka yang nembak kepala om kevin adalah bapak homophobic dari the boy next door yang pacaran sama anak kevin spacey yang nyangka anaknya homoseksual…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s