Posting Challenge : LGBT

wpid-LGBT-Pengantar.jpg

“What you call dull, I call normal” (SpongeBob Squarepants – episode 104 : Not Normal)

Siapa sangka kalimat dalam dialog dari serial yang diputar berulang-ulang tiap pagi disalah satu stasiun televisi swasta bisa mematik ingatan akan sebuah tantangan yang sempat dilontarkan oleh salah seorang teman saya untuk membahas relativitas pandangan. Dan setelah sekian lama ‘sok riset dan sok investagasi’ tertunda karena lupa, pekerjaan dsb, akhirnya diputuskan bahwa tema tersebut akan dipostingkan sebagai issu penutup tahun sepanjang desember. Apa itu?

LGBT

Lesbian Gay Biseks Transgender (LGBT)  telah ada dalam sebuah masyarakat sejak dulu. Meski keberadaannya tak lagi dianggap sebagai sebuah fenomena mencengangkan, karena sudah menjadi bagian dari masyarakat secara keseluruhan, tapi tetap saja, dengan sangat disadari, masih menuai berbagai polemik.

Meski sejak beberapa dekade LGBT sudah tidak dianggap penyimpangan, namun hanya suatu variasi orientasi seksual, masih saja beberapa pihak tidak menginginkan keberadaan mereka secara terbuka. Berbagai stigma usang terus berhembus dari masa kemasa, bahwa kecenderungan rasa mereka bisa menulari orang-orang sekitar yang berselera ‘lurus’. Belum lagi dramatisasi media yang kerap memojokan LGBT apabila ada kasus kejahatan menjerat mereka. Embel-embel orientasi seksual selalu dikait-kait dan ditekankan dalam setiap narasi atau penjelasan. Padahal, barangkali, jika dihitung secara statistik, pelaku kejahatan LGBT jauh lebih sedikit ketimbang straight peoples.

Sebagai pihak yang tidak begitu mengenal seluk beluk LGBT dan hanya mengambil data-data sekunder hasil Googling, saya berusaha untuk berada dititik netral, tidak ingin terlalu mengamini atau terlampau menyudutkan dan (apabila anda tahu mengenai hal ini) saya sangat terbuka bagi masukan yang membangun. Dan karena materi yang biasa diposting seputar karya tulis (menyebut sastra terlalu berat bagi saya), lagu, film, plus artikel-artikel ringan, maka bahasannya akan ada di zona itu saja ya.

Dipostingan bulan sekarang juga akan ada beberapa cerita pendek karya beberapa orang penulis terkenal tanah air yang saya bajak tanpa meminta persetujuan terlebih dahulu (semoga mereka tak keberatan) tentang LGBT yang menurut saya punya kualitas dari berbagai sisi, review beberapa film lama yang sukses dipasar atau festival, dan lirik lagu, yang walau tidak menginterpretasikan secara gamblang sebagai antheme LGBT, tapi paling tidak mewakili kegalauannya (barangkali) 😀

Bagi anda yang alergi dengan tema ini, silakan tinggalkan saja, batas dunia maya berada diujung jari masing-masing, diskusi yang hanya menimbulkan debat kusir dan sok-sok menjelma sebagai polisi moral sangat basi bagi Crimson Strawberry, okeh? Tengkyu.. 😀

Iklan

2 pemikiran pada “Posting Challenge : LGBT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s