Johanna Sigurdardottir

wpid-Johanna-Sigurdardottir.jpg

Barangkali, atau pasti, ini adalah langkah paling berani sekaligus kontroversial yang pernah diambil oleh seorang petinggi negara macam Johanna Sigurdardottir, yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri Islandia yangmenjabat sejak 1 Februari 2009 lalu. Karier panjang telah dilalui oleh perempuan kelahiran 4 Oktober  1942 ini. Sebelumnya ia adalah Menteri Urusan Sosial dan Keamanan Sosial periode 1987–1994 dan 2007–2009.

Dimasa pemerintahannya ia mengumumkan satu kebijakan, yakni melegalkan pernikahan sesama jenis dan ia sendiri yang memulainya dengan menikahi sang kekasih Jonina Leosdottir pada 27 Juni 2010 yang juga bertepatan dengan peringatan hari internasional hak-hak homoseksual.

Johanna sebelumnya menikah dengan seorang pria, Þorvaldur Steinar Jóhannesson , dan bercerai. Dari pernikahannya yang pertama ia dikarunia dua orang anak. Dengan langkah ini pula Sigurdardottir menjadi pemimpin negara pertama yang melaksanakan pernikahan sesama jenis.

================

Ps: Informasi yang didapat hampir serupa diberbagai sumber, jadi segitu saja dulu. Beberapa keterangan lain ditulis dalam bahasa Islandia (mungkin), yang tidak saya ketahui artinya hehhehe…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s