Vicky Cristina Barcelona – Mulan

wpid-Vicky-Cristina-Barcelona-movie-poster.jpg

Saya belum pernah nonton film, major ataupun indie (pinjam istilah musik) yang berkisah tentang biseksual. Barangkali Brokeback Mountain atau Far From Heaven masuk kategori kisah biseksual, karena para tokohnya terlibat asmara dan komitmen dengan dua gender, sesama dan lawan jenis. Namun karena Brokeback Mountain sudah banyak yang membahas, dan Far From Heaven saya lupa (dulu nonton pas jaman VCD, tak tuntas pula gara-gara miss track karena bajakan) hehehehe…. Jadi saya akan bahas film lain saja. Yang pertama biseksual sebagai variasi dan yang kedua biseksual terselubung hasil perkiraan saja 🙂

VICKY CRISTINA BARCELONA

Vicky Cristina Barcelona adalah film arahan sutradara kenamaan, Woody Allen. Dengan penggambaran khas dari Opa kece ini: kaya raya tanpa memikirkan sumber uang, cantik, tampan, cerdas, menarik, menikmati musik indah sebagai bagian dari kehidupan, berkumpul sambil santap malam bersama para seniman sembari membicarakan karya-karya diselingi minum wine kelas atas, serta menikmati arsitektur Barcelona dan sekitarnya dalam penggambaran warna-warna terakota. Bagi yang belum nonton, jangan membayangkan dan menyamakan dengan penggambaran hedonis yang sering digambarkan oleh film-film atau sinetron kita, buatan Woody Allen jauuuuuuuuuuhhhhh lebih berkelas hehehehehe….

Berkisah dua sahabat, Vicky (Rebecca Hall) dan Cristina (Scarlett Johansson) yang berkunjung ke Barcelona untuk dua tujuan berbeda. Vicky yang cerdas namun konservatif berniat memahami kultur dan kehidupan plus arsitektur dikota tersebut, sementara Cristina yang seksi dengan daya tarik tinggi ikut karena dia seorang pembosan yang mencari hal-hal baru.

Dengan menumpang disalah satu saudara Vicky, keduanya lalu bertemu dengan seniman tampan, Juan Antonio (Javier Bardem) yang menawarkan hubungan three some kala pertama kali berkenalan sambil mengajak menikmati keindahan desa Obriedo(?)

wpid-Vicky-Cristina-Barcelona-movie-still.jpg

Vicky yang konservatif dan telah punya kekasih idaman, Doug (Chris Messina) tentu menolak mentah-mentah, sementara Cristina memberikan respon positif sambil terus bernegosiasi. Dari sinilah kisah berawal. Ketiganya terlibat cinta segi banyak. Vicky yang mendapat pengalaman seksual dan kehidupan jatuh hati pada Juan Antonio, padahal Juan Antonio sendiri telah tinggal bersama Cristina. Kekisruhan makin bertambah kala mantan istri Juan Antonio, Maria Elena (Penelope Cruz) yang cantik, seksi, dan eksentrik hadir diantara Juan Antonio dan Cristina, yang makin menyeret ketiganya dalam hubungan asmara. Dibeberapa kesempatan Cristina sang petualang sempat berkontak fisik dengan Maria Elena. Yup, disanalah point nya. Seks adalah bebas. Bebas dilakukan dengan variatif yang menarik bagi masing-masing individu. Dalam film ini ketertarikan terhadap lawan dan sesama jenis sekaligus, bukan sesuatu yang tabu, tak ada rasa yang terlampau melankolis, namun tak berarti juga mereka mengumbar-umbar kehidupan yang kadang agak ajaib bagi kita (saya barangkali). Bagaimana kelanjutannya? Tonton saja. Di film ini Penelope Cruz meraih Oscar untuk kategori Aktris Pemeran Pendukung Terbaik.

MULAN

wpid-Mulan-poster.jpg

Kalau yang ini berdasar kecurigaan saya saja pada film keluaran Disney tersebut. Ingat-ingat lupa juga jalan cerita dan tokoh-tokohnya. Mulan si gadis desa yang berpikiran terlampau maju untuk jamannya memutuskan menyamar menjadi seorang pria demi mengembalikan kehormatan keluarga karena mereka tak memiliki anak lelaki yang bisa diutus untuk berperang. Dalam perjalanan ia masuk dalam kelompok tentara yang dipimpin oleh Lee. Berteman arwah naga, Mulan menghadapi hari-harinya dengan berlatih bersama pria-pria, dan sudah barangtentu hal ini sedikit banyak memerlukan kelihaian dan trik-trik tersendiri untuk mengelabui tentara-tentara kocak ini supaya tidak terbongkar.

Ada dua hal yang kemudian jadi sorotan. Pertama, Lee, Si pemimpin regu rasanya terlampau ‘akrab’ dengan Mulan. Iya, jika barangkali Mulan sendiri yang tak bisa menahan diri, jatuh cinta pada si lelaki. Namun saat terjadi pertempuran di padang salju, kala si pria mengorbankan diri demi menyelamatkan Mulan yang ceroboh menembakan meriam kearah tebing bersalju rasanya melihat ada ekspresi lain hehehehe…. Entahlah…

Yang kedua, perihal praktek transgender yang dilakukan saat kelompok ini menyusup ke istana. Well, rupa-rupanya Disney juga menyelundupkan perihal gender ketiga ini dalam balutan komedi agar tak disadari para penonton yang terhanyut dalam petualangan.

Hal yang sangat samar dalam ingatan adalah bagaimana ekspresi Lee kala mengetahui bahwa Mulan yang selama ini dekat dengannya ternyata perempuan. Ia marah. Iya, jika barangkali ia tak menerima telah dibohongi sebab pada saat itu tabu bagi perempuan untuk ikut dalam barisan tentara. Tapi bisa juga diinterpretasikan bahwa Lee sebenarnya lebih menghendaki Mulan memang laki-laki bukan? Tapi sekali lagi ini hanya reka-reka saya saja karena tidak menemukan film biseksual untuk dibahas dalam posting challenge ini khihihihihihihih…. toh pada akhirnya Disney tetap mengemas formula ‘Happily Ever After’. Mulan kembali menjadi perempuan, menikah, dan punya anak dari Lee. Tapi setelahnya, jika reka-reka saya benar, penonton tidak tahu bukan?

wpid-Mulan-movie-still.jpg

Belum lagi lagunya, yang menyiratkan ketidakpuasan pada raga yang menaunginya, tapi itu baru akan dibahas di segmen terakhir, T untuk (Transgender).

Iklan

10 pemikiran pada “Vicky Cristina Barcelona – Mulan

  1. terlalu banyak film yang mau ditonton, btw saya pernah nonton My Own Private Idaho di yutub soalnya g ada di penyewaan CD. habis nonton di yutub, malah pengen donloat, aaaaaaagh! ahahahah, kayaknya g seru kalau nontonnya di ytub doang 🙂

  2. ehehehe.. tiga minggu lalu akhirnya bela2in melototin monitor, jagain sinyal, dan sukses download STAND BY ME, kenalan ma RIVER PHOENIX dan tiba2 jadi obsesi ingin nonton semua karyanya… di My Own Private Idaho, dia berperan sebagai gay, juga “lelaki bayaran”, dia ceritanya suka ma sahabatnya sendiri (cow) <<<< diperain ma Keanuu Reves.

    1. Wow download dimana? Youtube itu? Dulu sempet baca artikel karena bermain total bersama River Phoenix, keanu kena rumor gay dan gak nikah-nikah karena River keburu meninggal… *lho! Kok saya jadi gosip ya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s