Rising Stars! And Then?

image

Setiap hari ranah industri Hollywood dibanjiri para pendatang baru. Ratusan wajah-wajah baru mencoba peruntungan dan saling guna bersaing mendapat tempat penikmat cinema, mendapatkan popularitas, sekaligus mempertahankan eksistensi. Sebagian bahkan merintisnya sejak usia dini, baik melalui serial televisi atau pun membidik langsung layar lebar. Banyak nama-nama yang lantas berkibar kala mereka tak lagi anak-anak. Drew Barrymore, Michelle Williams, Elijah Woods, kembar Olsen, dan lainnya berhasil tetap eksis dijalur ini. Namun tak jarang pula ada anak yang begitu brilian di masa kecil hingga masuk nominasi Oscar, atau paling tidak mencuri perhatian penonton dan kritikus, tak bisa bertahan di posisinya, hingga perlahan-lahan nama mereka redup bahkan tenggelam. Berikut sedikit diantaranya:

1. Macaulay Culkin
image

Bagi anda yang menjalani masa kanak-kanak di tahun 90-an pasti tak asing dengan nama ini. Culkin membintangi film keluarga Home Alone 1-3 yang laku keras di pasaran dan melambungkan namanya sebagai aktor cilik. Wajah lucu, rambut pirang, dan tatap polos namun menyimpan kenakalan membuat banyak orang jatuh hati padanya. Sayang, selepas serial ini karier Culkin tak bisa bertahan lama. Pemberitaan tentangnya lebih banyak menyorot bagaimana ia terjebak oleh narkoba, pernikahan dini, dan berbagai macam kekerasan.

2. Dakota Fanning.
image

Dakota Fanning tak hanya berhasil mencatatkan namanya sebagai salah seorang aktris termuda yang masuk bursa Oscar, namun juga menetapkan standar tinggi tentang bagaimana harusnya seorang pemain cilik berakting. Tampil memukau saat menjadi lawan main Sean Pean di film I`am Sam, dalam perjalanan kariernya dia berkesempatan bermain dengan para aktor kelas satu seperti Robert DeNiro, Denzel Washington dan Tom Cruise. Dibanding nama-nama yang ada di posting ini, Fanning lah yang berhasil eksis paling lama. Sayang pasca beranjak remaja, praktis Fanning tak lagi tampil di film besar yang mengharuskannya mengeksplorasi kemampuan bermain peran. Terakhir ia mendapat jatah kecil di seri waralaba The Twilight Saga, dan wajahnya sesekali masih nongol di berbagai sampul majalah lifestyle yang masih memberi predikat “The Adorable, Dakota Fanning.” Belakangan sang adik, Elle Fanning, namanya justru mulai menanjak.

3. Haley Joel Osment
image

Sama seperti Fanning, Haley Joel Osment juga mencatatkan namanya sebagai salah nominator aktor termuda di ajang Oscar kala menjadi lawan main Bruce Willis dalam film drama supernatural The Sixth Sense. Di kemudian waktu ia masih bermain cemerlang di film garapan Steven Speilbergh, Artificial Intelegence. Sayang pasca digadang-gadang sebagai pemeran utama di film waralaba Harry Potter dan gagal karena kemudian peran tersebut jatuh pada Daniel Radclife, nama Haley Joel Osment tak terdengar lagi di kancah layar lebar Hollywood.

4. Abigail Breslin
image

Abigail Breslin mengikuti jejak Fanning dan Osment sebagai nominator aktris termuda di ajang Oscar untuk perannya sebagai anak perempuan yang hendak mengikuti kontes kecantikan dalam Little Miss Sunshine. Lalu ia bermain biasa di film Zombieland yang cukup laku di pasaran. Lalu namanya belum lagi terdengar hingga sekarang.

5. Cameron Bright
image

Nama Cameron Bright barangkali tak begitu familiar, namun tampangnya lumayan sering hadir di beberapa film besar seperti X-MEN – The Last Stands, Ultraviolet, atau Twilight Saga, walau hanya sebentar. Nama Bright mulai dikenal saat berperan di film Birth bersama Nicole Kidman, lalu mendampingi Aaron Eckhart dalam Thank You For Smoking. Sayang, tampang yang tampan dan angelic tak mampu mendongkrak karier Cameron Bright dikemudian waktu.

6. Jonah Bobo
image

Jika anda pernah menonton film fiksi fantasi Zathura pasti tahu dengan anak kecil yang bermain bersama Josh Hutcherson dan Kristen Stewart di film tersebut. Ya, ia adalah Jonah Bobo. Sebelumnya aktor ini tampil bersama Christopher Walken dan Josh Lucas di film independent, Around The Bend. Lagi-lagi sayang, sama seperti lima rekannya di atas, karier Bobo tak secemerlang Hutcherson atau Stewart, ia tak lagi hadir menghiasi layar lebar pasca lepas dari wajah bayinya.

Di sisi lain, untuk saat ini, Josh Hutcherson, Chloe Grace-Mortetz, Fredie Highmore, Cody Smit-McPhee adalah beberapa pemain cilik yang mulai beranjak remaja/dewasa dan masih eksis.

———-
ilustrasi cover: Dakota Fanning untuk majalah ELLE Inggris

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s