KELUHAN TERBUKA : KUOTA FLASH LOOP HILANG MENDADAK

Sebenarnya saya paling tidak suka meributkan hal-hal yang kurang penting. Namun kali ini hal yang tidak penting ini sudah dirasa merugikan saya sebagai konsumen. Hal yang berkaitan dengan Produk LOOP dari TELKOMSEL.
image

Saya termasuk yang menggunakan produk ini sejak pertama hadir. Selain aksesnya cepat, juga masih terjangkau kocek. Pun akses bonusnya yang lebih panjang ketimbang produk lain yang menawarkan layanan serupa. Saya senang, menyetiai produk ini, lalu terjadilah hal berikut:

1. Tanggal 3 Februari 2015 saya mengisi kuota 12,2 GB dan sukses. Saat di cek terbaca hal-hal standar, bahwa saya punya sebelas koma sekian gigabyte kuota malam, 600 mb dan 600 mb.

image

2. Tanggal 4 Februari 2015 Saya menggunakan tanpa ada masalah. Terakhir saya cek sisa kuota FLASH saya sekitar 400-an MB, dan 600 MB.

3. Baru tanggal 5 Februari 2015 terjadi hal ini: Sekitar jam 9 saya menerima sms dari TELKOMSEL yang menyebut kuota FLASH saya telah habis dst. Padahal di jam sebelumnya (di bawah jam 9) saya hanya cek email, buka media sosial, dan baca-baca berita saja yang secara logika tak akan menyedot data hingga 1 GB bukan? Dan pada jam tersebut pemakaian saya harusnya masih dalam kuota midnight.

image

4. Saya cek ke *887# dan terbaca sisa kouta FLASH saya tinggal 252 MB. Waw! untuk cek email, buka media sosial dan baca portal berita menyedot sampai 700-an mega? Luar biasa. Nyedot dari kuota FLASH pula, yang nota bene baru berlaku jam 09.00. Berarti kalau dihitung-hitung, 700 MB itu raib dalam rentang waktu 3 menitan. Hebat.

image

image

5. Terdorong penasaran, dan tentu saja menggunakan hak tanya saya sebagai pelanggan, saya pun menghubungi @telkomsel via Twitter yang ditanggapi dengan cepat dan ramah oleh yang bernama mbak Chita. Kemudian mengalirlah sebagaimana halnya standar pelayanan. Pertama saya diarahkan untuk cek ke *887# (sudah saya lakukan sebelumnya, bahkan di screen capture segala). *bisa dibaca dari screen capture perbincangan kami di twitter, hingga….

image

6. Mbak Chita ini menyebut bahwa penggunaan kuota midnight saya terpotong tanggal 29 Januari. LHA????? Pertama, lagi-lagi balik ke atas, saya mengisi kuota tanggal 3 Februari, apa kaitannya dengan tanggal 29 januari? Kedua, saya tidak mempertanyakan kuota midnight, tapi kuota FLASH (aneh ya layanan ini, tanya kemana jawab kemana)

7. Saya terangkan ulang pada Mbak Chita ini, lengkap (lagi-lagi dengan screen capture-nya) tentang kronologis saya kehilangan data kouta FLASH. Sekali lagi FLASH bukan kuota midnight dan oleh beliau di minta untuk menunggu pengecekan.

image

8. Kemudian setelah beberapa saat muncul keterangan yang menyebut menurut data yang didapat kuota midnight saya terpotong. (ini nih yang bikin saya PENGEN NYAKARIN TEMBOK. Setelah sebelumnya mbak Chita itu bilang kuota saya terpotong 29 Januari, kini beliau menyebut hal tersebut terjadi tanggal 3 Februari. Dan yang disebut kepotong adalah kuota midnight, padahal yang saya permasalahkan adalah hilangnya kuota FLASH. Sekali lagi KUOTA FLASH mbaaaaaaakkkkkkkk, yang 400 dan 600 MB itu, yang tiba-tiba menyusut jadi 252MB, yang habis dalam rentang waktu 3 menit. Kalau kuota bonus sih, mau kepotong dua giga juga tidak apa-apa, namanya juga bonus, gede pula, yakni sekitar 11 GB.)
image

9. Akibat kesal karena ketidaknyambungan apa yang ditanyakan dengan jawaban, saya pun melontarkan kekecewaan. Yang kemudian di balas oleh yang bernama Rainy dan Nada (mbak Chita kemana ya?), yang seperti layanan kebanyakan, mengulang keterangan mbak Chita, lantas mem-pingpong-kan pelanggan dengan menyarankan saya untuk ke GRAPARI terdekat, lalu disambung oleh mbak Nada yang mengucapkan terimakasih – mungkin untuk menutup pembicaraan(terus gunanya costumer servis online apa?).
image

Setelah mengolah napas, lari dua putaran, meditasi dll, akhirnya, sama seperti konsumen lain yang merasa dirugikan, saya pun terpaksa merelakan kuota yang kadung hilang, juga memaklumi ketidaksinkronan jawaban costumer service (mbak Chita, Mbak Rainy, dan Mbak Nada) yang mungkin tidak begitu paham produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja, dan (sebagai masyarakat indonesia kebanyakan) menganggap kouta saya raib akibat digondol tuyul. Tuyul millenium yang tak hanya suka nyolong duit tapi juga, barangkali, kuota internet. Lalu saya akan menyimpan potongan kartu LOOP dalam botol bermantra, siapa tahu si tuyul mengincar bendanya. #wew

* Lucunya, saya mematikan koneksi internet dan hanya menggunakan untuk membalas email. Dan inilah yang terjadi. Kuota saya yang tinggal 200MB itu raib lagi. Benar-benar tuyul cerdas dan beroperasi di jam 9-an

image

image

14 pemikiran pada “KELUHAN TERBUKA : KUOTA FLASH LOOP HILANG MENDADAK

  1. Saya juga mengalami masalah sama paket loop ini. Niat saya menghabiskan dulu kuota bonus midnight nya, dan saat itu kuota midnight saya memang sisa 37mb lagi. Lalu saya download file berukuran 120mb, berharap ada konfirmasi dari telkomsel ketika kuota midnight saya habis saat download file 120mb tersebut. Namun hingga selesai download file 120mb pun tidak ada konfirmasi bahwa kuota midnight saya habis atau dialihkan ke kuota normal. Saya pun cek kuota, dan yang tertera adalah kuota saya jadi 2.5gb. Saya langsung cek pulsa, ditakutkan kuota 2.5gb itu mengambil otomatis dari pulsa. Setelah saya cek, pulsanya tidak berkurang sedikit pun (saat itu pulsanya sekitar 42,000). Lalu saya pun melanjutkan download file-file berukuran besar lainnya. Setelah sekitar setengah jam download, saya pun mengecek kuota lagi. Dan hasilnya kuota 2.5gb itu tidak berkurang sedikit pun begitu pun dengan pulsanya tidak berkurang. Saya pun berhenti download, dan saat keesokan harinya saya cek kuota 2.5gb nya sudah berkurang banyak dan pulsa saya jadi Rp. 0. Saya pun bingung harus komplain ke siapa. Karena saya sering lihat banyak konsumen lain yang mengalami keluhan mengenai layanan telkomsel ini seperti tidak ditanggapi dengan benar oleh pihak telkomselnya. Barangkali ada pembaca yang bisa membantu saya mengatasi masalah ini. Terima kasih

    1. Belajar dari kejadian itu saya langsung ganti kartu, karena ada juga teman yang mengalami hal serupa, kuota flash dan sisa pulsanya hilang direntang waktu jam 9-an. Complaint ya tinggal complaint, karena, katanya, di Grapari pun tanggapannya normatif dan tak dapat penjelasan memuaskan. Sayang, padahal produk ini paling stabil diantara yang lain 😦

  2. Tinggal sampaikan keluhan di fan page telkomsel.. sy juga sama hilang quota sebesar 2 gb.. padahal tidak ada koneksi internet!.. setelah saya complain di fan page mereka. Telkomsel kembalikan dalam bemtuk pulsa seharga paket yang saya beli yaitu rp 87.500….

  3. Sampai sekarang emang masih bermasalah itu paket midnight loop dan TELKOMSEL pun seperti sengaja membiarkannya demi keuntungan. Setelah saya amati dan melakukan beberapa test, ternyata di antara jam 8:30-8:59 kuota midnight sudah tidak dapat digunakan, alias memotong kuota reguler kalau tidak ada kuota reguler ya pulsa utama yang jadi korban. Saya sudah komplain 3x, tapi ujung2nya tetap gak ada hasil.

  4. tq gan..
    w sebenarnya pengen tanyain ke telkomsel..
    tapi melihat jawaban diatas w males banget. agan aja yang screen capturenya termasuk lengkap digituin.

    apalagi w, cuma screen capture pulsa internet terisi sama pulsa internet habis.
    udah 6 kali pengisian kuota 500mb (yang w ngeh) dalam waktu kurang dari 1 bulan suka raib.
    yang paling parah kemaren ngisi yang 500mb eh tadi pagi tau-tau pulsa internet w gak ada.

    nih kuota internet terakhir yang w isi.
    ada recomanded provider lainnya gak..?kebutuhan 1-2 gb per bulan..

    1. Waaa saya ga berani nyebut merk tertentu, provider lain juga ada plus minusnya gan, saya sih gontaganti kalau buat internetan, yang lagi promo itu yang di pake, biasanya layanan mereka masih oke (namanya juga lagi promo ya heheheh)

Tinggalkan Balasan

