BOND THEMES : OFFICIAL VS REJECTED

image

Gara-gara postingan lagu SPECTRE, saya penasaran adakah lagu-lagu lain yang bernasib sama seperti milik Radiohead. Usut punya usut, googling punya googling, ternyata banyak. Saya tidak tahu bagaimana sistem pemilihan soundtrack untuk salah satu film franchise paling lama ini, nanti lah saya tanya sama MGM hehehehe… sambil menunggu, saya kumpulkan beberapa judul lagu untuk beberapa judul James Bond yang dipakai, ditolak dan dinilai berdasarkan selera kuping sendiri, monggo:

1. SKYFALL
a. Adele – Skyfall (Official) 5
b. Muse – Supremacy (Rejected) 5
==================
Adele, bagi saya, adalah pengisi soundtrack terbaik untuk seri James Bond hingga saat ini. Kenapa? Rata-rata soundtrack 007 hanya menarik saat film tersebut booming atau paling mentok saat diputar sebagai opening saja. Tapi Adele melampaui dua hal tersebut. Skyfall tetap enak di dengarkan diluar konteks James Bond. Lirik yang dalam dengan warna vokal yang halus namun kuat, menjadikan Skyfall seolah membawa pendengar tenggelam ke kedalaman yang menyegarkan. Sementara Supremacy sebaliknya. Dengan lirik sedikit politis, Muse seolah membawa pendengar pada sebuah sirkuit liar yang serba cepat, menghentak, liar, panas, memberontak dan memicu adrenalin. Musiknya sedikit mengingatkan pada Another Way To Die nya Jack White yang menjadi soundtrack Quantum of Solace, namun versi Muse jauuuuuuuuuuuuuuuh lebih spektakuler.

2. SPECTRE
a. Sam Smith – Writing On The Wall (Official) 3
b. Radiohead – Spectre (Rejected) 5
========================
Sebetulnya secara teknis tak ada yang salah dengan lagu Writing On The Walls, string yang megah, lirik yang sangat sesuai dengan tema film meski terkesan seperti rangkuman, pun juga dengan kemerduan vokal Sam Smith. Tapi entahlah, seperti saya sebut di posting sebelumnya, lagu ini terkesan agak mengekor Skyfall dan something missing. Saya sih yakin kalau lagu ini jadi lagu biasa akan meledak di pasaran seperti hits Sam Smith yang lain. Hal sebaliknya ditunjukan Radiohead. Nuansa gelap namun menyenangkan teramat pas jika dipadankan pada opening SPECTRE yang mengambil sosok gurita yang misterius dengan tentakel, wujud, dan pergerakannya, bahkan menurut saya bisa mengikuti kekecean Adele  meski dalam nuansa berbeda.

3. GOLDEN EYE
a. Tina Turner – Golden Eye (Official) 4
b. Ace of Bass – The Golden Eyes (Rejected) 2
c. Anthony Newly – Golden Eye (Rejected) 2
d. Bono – Golden Eye (demo) (Rejected)?
e. Motiv 8 & Kin Mazell – Searching For The Golden Eye (Rejected) 2
===========================
Kecuali demo milik Bono, semua lagu-lagu ini sudah saya dengarkan, dan menjadikan Tina Turner sebagai pilihan lagu pengiring Golden Eye adalah pilihan tepat, karena yang lain kurang mewakili James Bond untuk judul sebesar itu.

4. YOU ONLY LIVE TWICE
a. Nancy Sinatra – You Only Live Twice (Official) 3
b. Julie Rogers – You Only Live Twice (Rejected) 3
c. Lorraine Chandler – You Only Live Twice (Rejected) 2
================================
Bagi saya baik lagu resmi atau pun lagu yang ditolak semua ‘serupa tapi tak sama’ beda melodi sedikit-sedikit saja.

5. THE MAN WITH THE GOLDEN GUN
a. Lulu – The Man With The Golden Gun (Official) 1
b. Alice Cooper – The Man With The Golden Gun (Rejected) 3
====================
Jika disuruh memilih saya akan pilih versi Alice Cooper, meski liriknya agak melenceng karena versi Lulu terkesan seperti lagu film parodi.

6. DIE ANOTHER DAY
a. Madonna – Die Another Day (Official) 1
b. Red Flag – Beyond The Ice (Rejected) 3
=============================
Sama seperti The Man With The Golden Gun, saya akan pilih Red Flag, karena versi Madonna adalah lagu paling tidak saya sukai dari semua pengiring James Bond. Entah karena suara robotiknya atau apa pun, lagu ini teramat mengganggu pendengaran.

7. QUANTUM OF SOLACE
a. Jack White & Alicia Keys – Another Way To Die (Official) 1
b. Shirley Bassey – No Good About Goodbye (Rejected) 3
c. Chris Wolf & Eva Almer – Forever ( I am All Yours) (Rejected) 2
=============================
Another Way To Die adalah lagu kedua yang tidak saya sukai. Kalau kata orang sunda, riweuh teu puguh, alias ribut gak jelas. Shirley Bassey lebih mendingan, sementara Chris Wolf, jika benar lagu Bond yang ditolak, meski bernuansa 007, tapi unmemorable, lebih mirip lagu pop biasa.

8. THE WORLD IT’S NOT ENOUGH
a. Garbage – The World It’s Not Enough (Official) 4
b. Straw – The World It’s Not Enough (Rejected) 3
===========================
Berbanding dengan dua lagu di atas, Garbage, meski banyak disebut sebagai salah satu worst Bond soundtrack, tapi anehnya saya suka. Intro, suara vokalis, dan nuansa yang mereka bawa terasa pas. Straw pun sama bagusnya jika mereka menghapus kata kiss kiss bang bang dari lirik lagu tersebut.

9. TOMORROW NEVER DIES
a. Sheryl Crows – Tomorrow Never Dies (Official) 4
b. KD Lang – Surrender (Rejected) 4
c. Swan Lee – Tomorrow Never Dies (Rejected) 3
d. St Etienne – Tomorrow Never Dies (Rejected) 2
e. Pulp – Tomorrow Never Lies (Rejected) ?
f. Dot Allison – Tomorrow Never Comes (Rejected) ?
=============================
Kecuali Dot Allison dan PULP, semua lagu ini saya dengarkan. Hanya KD Lang yang bisa menyaingi Sheryl Crow dari berbagai aspek.

10. LIVING DAYLIGHT
a. AHA – Living Daylights (Official) ?
b. Pet Shop Boys – This Must Be the Place I Waited Years to Leave (Living Daylights) (Rejected) ?
=========================
Dua-duanya tidak bisa saya cerna, jadi no comment.

11. THUNDERBALL
a. Tom Jones – Thunderball (Official) 3
b. Johnny Cash – Thunderball (Rejected) 3
c. Shirley Bassey – Mr. Kiss Kiss Bang Bang (Rejected) 3
====================
Yang ini punya kekuatan dalam ciri masing-masing. Agak susah menilainya meski subjektif, secara pribadi saya lebih suka Johnny Cash yang bernuansa lebih gelap, namun Shirley Bassey lagunya Bond banget, dan Tom Jones dengan spagetty western-nya juga terasa pas.

12. ON HER MAJESTY SECRET SERVICE
a. John Barry Orchestra – On Her Majesty Secret Service (Official) 2
b. Louis Armstrong – We Have All Time In The World (Rejected) 3
=====================
Saya beri 2 untuk John Barry karena tak ada lirik, sementara untuk Louis Armstrong yang kece saya kasih 3 karena meski bagus, tapi kurang James Bond.

13. NEVER SAYA NEVER AGAIN
a. Lani Hall – Never Say Never Again (Official) 2
b. Phyllis Hyman – Never Say Never Again (Rejected) 3
======================
Versi Phyllis Hyman lebih bagus, itu saja.

14. FOR YOUR EYES ONLY
a. Sheena Easton – For Yours Eyes Only (Official) 2
b. Blondie – For Yours Eyes Only (Rejected) ?
========================
Saya belum mendengarkan versi Blondie. Tapi lagu Sheena Easton, di pikiran saya seperti lagu pengiring klip potongan serial opera sabun macam The Majesty atau Sunset Beach, kurang James Bond.

Tinggalkan Balasan

